Pemdes Bonjeruk Ajak Masyarakat Sukseskan PIN Polio, Datangi Pos Imunisasi Terdekat

NTB EXPOSE. Lombok Tengah – Pemerintah Desa (Pemdes) Bonjeruk  Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Lalu Audia Rahman SH mengajak masyarakat Desa Bonjeruk khususnya yang memiliki anak berusia 0-7 tahun untuk turut tidak ketinggalan mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di sejumlah pos imunisasi terdekat baik puskesmas maupun posyandu.

Ia juga berharap kepada Ketua PKK mengajak seluruh Kader PKK, dan juga seluruh Kader Posyandu se Desa Bonjeruk untuk mensosialisasikan Pekan Imunisasi Nasional Polio ini Kepada masyarakat.

“Saya menghimbau kepada Ketua PKK dan jajarannya, juga kepada kader Posyandu agar terus mensosialisasikan PIN Polio serentak, yang akan digelar minggu ke IV bulan ini kepada masyarakat, agar tidak ada korban dan penderita polio lagi,” terangnya saat ditemui media ini diruang kerjanya, selasa, 9/7/2024.

Didampingi dua Mahasiswa UIN, Lalu Audia Rahman menginformasikan, bahwa polio tidak dapat diobati, hanya dapat dicegah dengan imunisasi.

“Penyakit ini disebabkan oleh virus poliomyelitis yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada otot, selain itu dapat juga menyerang otot lain seperti otot pernafasan sehingga dapat menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak,” jelas L Audia Rahman.

Penyakit ini ditularkan dari orang ke orang, lanjut L Audia Rahman dan menyebar melalui kontak makanan, air atau tangan yang terkontaminasi dengan kotoran (tinja) atau sekresi tenggorokan dari orang yang terinfeksi.

“Adapun rentang usia yang terkena polio adalah anak usia < 15 tahun, terutama anak-anak di bawah usia 5 tahun,” lanjutnya.

Lalu Audia Rahman Juga mengingatkan  PIN Polio Secara serentak, akan digelar pada minggu Ke IV bulan ini.Saya berharap, masyarakat tidak menyepelekan pemberian vaksin kepada anaknya, agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan kondisi kesehatan yang baik,” pungkasnya.(Ntbexpose/03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *