Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Sekda Loteng Fokuskan Belasan Puskesmas Menjadi BLUD

NTB EXPOSE. Lombok Tengah – Guna meningkatkan pelayanan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah, sejumlah 24 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan di Lombok Tengah sedang disiapkan data beserta dokumennya untuk diusulkan menjadi BLUD ( Badan Layanan Umum Daerah ). Tahun 2024 ini kita targetkan sudah berubah menjadi BLUD,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah HL. Firman Wijaya ST MT kepada wartawan baru baru ini.

Dikatakannya. Dari total jumlah keseluruhan puskesmas yang ada di Kabupaten Lombok Tengah saat ini, jumlahnya 29 unit dan baru sekitar 5 unit puskesmas yang sudah berubah status menjadi BLUD.

Adapun kelima Puskesmas yang sudah berstatus BLUD yakni Puskesmas Praya Kecamatan Praya, Puskesmas Aik Darek Kecamatan Batukliang Utara, Puskesmas Aik Mual Kecamatan Praya, puskesmas Desa Janapria Kecamatan  Janapria dan Puskesmas Puyung Kecamatan Jonggat. sedangkan 24 unit puskesmas lainnya saat ini sedang dipersiapkan dokumen suratnya ke Kementerian Kesehatan RI.

Menurut Firman, untuk penetapan ke 24 Puskesmas ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat beserta tindaklanjut dari lokakarya yang telah diadakan untuk meningkatkan status Puskesmas BLUD

Keberadaan BLUD ini nanti dapat memberikan pelayanan yang lebih efektif kepada masyarakat luas diharapkan pelayanan kesehatan lebih baik dan peningkatan SDM lebih maksimal seperti pelayanan dirumah sakit,” ungkap Firman.

Lebih jauh mantan Kepala Dinas PUPR ini mengatakan, dengan adanya BLUD ini nantinya diharapkan dapat memberikan upaya pelayanan dengan bisa lebih fleksibel dan ini juga dalam upaya mendukung ILP atau Integrasi Layanan Primer,” imbuh Firman.

Mengenai ILP hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 2015 Tahun 2023 ILP adalah Sebuah upaya untuk menata dan mengoordinasikan berbagai pelayanan kesehatan primer dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelayanan  kesehatan berdasarkan siklus hidup bagi perseorangan, keluarga dan masyarakat. (Ntbexpose/03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *