Bersemangat Kembangkan Desa Wisata Pokdarwis Barabali Resmi Dibentuk - ntbexpose.com

Bersemangat Kembangkan Desa Wisata Pokdarwis Barabali Resmi Dibentuk

Spread the love

NTB EXPOSE. Lombok Tengah – Pembentukan Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Desa Barabali Kecamatan Batukliang, hari Kamis (24/11) di Spot Wisata Embung Penimpuh atau Embung Sade, dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Tengah, diwakili Kabid Pengembangan SDM / Ekonomi Kreatif, Lalu Muhamad Hatta beserta jajarannya, kemudian hadir juga Camat Batukliang Lalu Sudirman S.Si MM, Ketua Asosiasi Pokdarwis NTB, Lalu Sapta Setiawan, perwakilan pengurus Forum Desa Wisata Tastura, Hanapi selaku chapter Trash Hero Tastura, Kepala Desa Barabali Lalu Ali Junaidi beserta jajarannya, hingga para tokoh pemuda dan belasan remaja desa Barabali.

Dijelaskan Kades,”dengan adanya pembentukan Pokdarwis ini adalah sebagai motivasi dasar dan kekuatan kami dalam memberdayakan pemuda dan masyarakat untuk mengelola destinasi wisata yang diharapkan dapat menghasilkan income bagi desa hingga bermuara terhadap peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Alasan ini akan kami wujudkan dengan ihtiar bersama dalam mengembangkan desa Barabali sebagai desa wisata yang suistanable atau berkelanjutan, agar nantinya bisa dikatakan sebagai desa wisata yang sejahtera dan mandiri.” kata Ali Junaidi.

Dalam kesempatan yang sama Camat Batukliang Lalu Sudirman S.Si, MM mengatakan,” kami mengapresiasi pembentukan Pokdarwis Desa Barabali,  karena ini akan menjadi sebuah embrio sumber ekonomi baru dan usaha yang lain selain mayoritas bertani, sehingga salah satu pilihannya adalah pariwisata desa, ini penting dan yang paling urgent lagi adalah membangun rasa sadar wisata bagi masyarakat, diperlukan peran penting seluruh elemen masyarakat atau stakeholder yang ada,” Kata Camat.

“Kalau melihat potensi pariwisata desa Barabali sangat bagus untuk dikembangkan, selain itu jika mengacu terhadap keberadaan KEK Mandalika, Barabali adalah desa potensial sebagai penopang hasil pertanian seperti sayur mayur, buah dan lainnya untuk mencukupi kebutuhan di zona selatan,”kata Camat.

Ditempat yang sama Kadis pariwisata diwakili Kabid pengembangan SDM Lalu Muhamad Hatta mengatakan. Seperti disampaikan pak kades, desa ini penuh dengan potensi wisata yang bagus untuk dikembangkan, hingga nantinya akan menjadi desa wisata yang bisa seiring sejalan dengan desa wisata lainnya yang sudah eksis terlebih dahulu.

Hatta juga memperkenalkan jajarannya hingga tupoksi masing masing yang akan siap membantu keberadaan Pokdarwis yang telah terbentuk ini,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Lalu Sapta Setiawan selaku Ketua Asosiasi Pokdarwis NTB, “pembentukan Pokdarwis ini luarbiasa, kenapa saya katakan luar biasa karena ini terlihat dari semangat adik adik Pokdarwis, apalagi ditambah dengan kepedulian kades yang tinggi, penuh semangat untuk membangun desanya. Diketahui desa wisata Barabali kaya potensi, ini akan kita dorong agar bisa berkembang,” ungkap Mik Sapta panggilan akrabnya.

Dalam pembentukan Pokdarwis tersebut Lalu Andre Firman Wijaya SH terpilih sebagai ketua. wakil ketua Lalu M. Riadul Fikri. Sekretaris Shauvan Adi El Hakim.S.Par, Bendahara Yuni Syafira. Selanjutnya selain itu Ketua akan membentuk jajaran pengurus atau Divisi lainnya.(ntbexpose/03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *